Jumat, 09 September 2016

Model, Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Taktik

           Sebelum masuk pada model pembelajaran, kita sebaiknya mengetahu apa itu pengertian belajar.
Seseorang yang melakukan proses belajar akan mengalami 3 hal, yaitu:
- Sadar
- Usaha
- Berusaha
          Jadi dapat disimpulkan bahwa belajar adalah suatu usaha yang dilakukan oleh individu secara sadar. Individu yang telah melakukan proses belajar akan mengalami perubahan pada dirinya. Perubahan tersebut berupa perubahan tingkah laku, yaitu dapat berupa perubahan secara intelektual (kognitif), sikap (afektif), dan kemampuan (psikomotorik).
         Didalam proses pembelajaran, guru dapat memaksimalkan perubahan-perubahan pada anak dengan mengatur proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah merancang model, pendekatan, strategi, metode, teknik dan taktik yang sesuai untuk proses pembelajaran yang akan dilakukan.
Pada kesempatan ini, saya akan memberikan pengertian tentang model, pendekatan, strategi, metode, teknik dan taktik secara sederhana agar lebih mudah dipahami.
1. Model Pembelajaran
    Model pembelajaran adalah bingkai atau bungkus dari penerapan suatu pendekatan, strategi, metode, teknik dan taktik.
Contoh : Problem Based Learning: suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah

2. Pendekatan Pembelajaran
    Pendekatan pembelajaran adalah acuan dalam mengidentifikasi suasana pembelajaran  atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran.
Contoh:
Student-centered-learning: adalah pusat pembelajaran berada pada siswa atau siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Teacher-centered-learning: adalah pusat pembelajaran berada pada guru atau guru yang lebih banyak berperan aktif dalam proses pembelajaran.

3. Strategi Pembelajaran 
    Strategi pembelajaran adalah suatu perencanaan tentang suatu kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Contoh: expository discovery, group individual learning

4. Metode Pembelajaran
    Metode pembelajaran adalah prosedur, urutan, langkah-langkah yang digunakan guru dalam proses pembelajaran.
Contoh: Ceramah, tanya jawab, diskusi, dll.

5. Teknik Pembelajaran
    Teknik pembelajaran adalah cara yang dibuat seseorang untuk mengaplikasikan metode pembelajaran.
Contoh: eksplorasi, elaborasi, konfirmasi

6. Taktik Pembelajaran
    Taktik pembelajaran adalah cara yang digunakan guru agar siswa lebih memahami materi yang sedang dibahas.
Contoh: guru yang humoris, guru yang menggunakan media pembelajaran untuk menyampaikan materi, dll.

Sumber: Kesimpulan Perkuliahan Pascasarjana Magister IPA pada mata kuliah Model dan Evaluasi Pembelajaran oleh Dr. Syamsurizal, M.Si

2 komentar:

  1. terima kasih infonya. saya masih kurang mengerti dengan teknik pembelajaran. bisakah anda menjelaskannya kembali kepada saya?

    BalasHapus
  2. vipsnfl predictions correct score - youtube - videodl.cc
    vipsnfl predictions correct score, vipsnfl predictions, vipsnfl predictions, vipsnfl predictions, vipsnfl predictions, vipsnfl predictions, vipsnfl youtube downloader

    BalasHapus